Gudang Informasi

Cara Mengembalikan Play Store Yang Hilang Di Hp Xiaomi

Cara Mengembalikan Play Store Yang Hilang Di Hp Xiaomi
Cara Mengembalikan Play Store Yang Hilang Di Hp Xiaomi

Xiaomidev.com Bagaimana cara mengembalikan Play Store yang hilang di Hp Xiaomi? Bagi yang mengalami problem tersebut tidak perlu cemas, alasannya Play Store mampu kita instal ulang agar kembali mampu dipakai untuk download ataupun update aplikasi.


Play Store menjadi inti dari Smartphone Android, tak terkecuali hp Samsung. Tanpa adanya Play Store, tentu kita akan bingung mencari aplikasi yang bagus dan kondusif untuk ponsel pintar. Pasalnya download aplikasi di luar Play Store sangat berbahaya, alasannya mampu disusupi oleh Malware atau Spyware.


Yah, download aplikasi di Play Store memang lebih kondusif. Sebab Google telah melaksanakan filtering untuk aplikasi yang mampu terdaftar di Play Store. Meskipun begitu tetap ada beberapa aplikasi berbahaya yang lolos dari filtering Google, jadi kalian tetap harus hati-hati.



Penyebab Play Store Hilang


Kembali lagi ke permasalahan Play Store hilang di hp Xiaomi. Hilangnya Play Store pasti ada penyebabnya. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab Play Store Hp Xiaomi hilang silahkan simak dibawah ini.



  1. Sejatinya Play Store ialah aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak mampu dihapus. Namun apabila ponsel pintar telah diroot, maka kita bisa menghapus semua aplikasi bawaan dengan gampang. Tak jarang Play Store tidak sengaja dihapus atau di unistal sehingga membuatnya hilang dari daftar aplikasi ponsel pintar.

  2. Penyebab selanjutnya adalah sebab Play Store di disable atau dinonaktifkan, tetapi kalian lupa untuk mengaktifkannya kembali. Alhasil Play Store akan hilang dan perlu diaktifkan kembali agar mampu kembali dipakai.

  3. Smartphone Xiaomi memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Fitur tersebut mampu dipakai untuk menyembunyikan Play Store sehingga terkesan hilang dari smartphone.

  4. Penyebab berikutnya adalah alasannya ponsel pintar yang digunakan memakai MIUI ROM China sehingga tidak ada Play Store ataupun layanan Google yang lain.

  5. Banyak pengguna hp Xiaomi yang belum mengetahui perbedaan antara ROM China dan ROM Global. Nah jika berbelanja hp Xiaomi bekas dengan ROM China, tetapi sudah ada Play Store, lalu melakukan reset supaya pengaturan kembali ke pengaturan pabrik, maka semua aplikasi akan hilang, termasuk Play Store


Cara Mengembalikan Play Store Yang Hilang di Hp Xiaomi


Cara Mengembalikan Play Store Yang Hilang di Hp XiaomiNah itulah beberap penyebab yang acap kali membuat Play Store hilang di hp Xiaomi. Beberapa penyebab sungguh mudah dituntaskan, khususnya untuk Play Store yang tidak disengaja disembunyikan atau di disable. Namun kalau terhapus, maka kalian bisa menjajal cara mengembalikan Play Store yang hilang di hp Xiaomi dengan cara sebagai berikut.


1. Factory Reset


Cara Mengembalikan Play Store di Xiaomi Yang TerhapusCara yang pertama yaitu dengan melakukan Factory Reset untuk mengembalikan ponsel pintar ke pengaturan Pabrik. Kalian mampu menyimak caranya “DI SINI“. Namun cara ini hanya berhasil pada hp Xiaomi yang memakai ROM Global, sebab sebelumnya telah ada Play Store sebagai aplikasi bawaan.


Cara ini bisa menjadi penyelesaian paling tepat bagi kalian yang melakukan ROOT dan tidak sengaja meniadakan Play Store. Akan namun sehabis Factory Riset, maka semua aplikasi dan file akan hilang. Kaprikornus sebelum melakukan reset, kami sarankan untuk membackup file-file penting terlebih dulu.


2. Enable Aplikasi


Enable Aplikasi XiaomiPada artikel sebelumnya kami telah pernah membicarakan mengenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi. Pada artikel tersebut kami menjelaskan perihal cara disable dan enable aplikasi bawaan Xiaomi. Nah bila ternyata Play Store di disable, maka kalian tinggal mengaktifkannya kembali dengan memilih menu Enable. Setelah itu secara otomatis Play Store mampu kembali dipakai secara wajar .


3. Cek Aplikasi Yang Disembunyikan / Terkunci


Cara Mengatasi Play Store Hilang XiaomiSeperti yang kami sampaikan di atas, salah satu penyebab Play Store hilang yakni karena tidak sengaja disembunyikan. Cara mengatasinya sungguh gampang, kalian cukup mengevaluasi bagian aplikasi tersembunyi, kemudian lihat apakah ada Play Store ata tidak. Apabila ada, maka kalian harus menghilangan pengaturan aplikasi tersembunyi pada Play Store.


4. Download Play Store Manual


Play Store APK Bagi yang telah mencoba cara mengembalikan Play Store yang hilang di hp Xiaomi dengan mengikuti cara di atas, tetapi tidak berhasil, maka mampu menjajal menginstal Play Store APK  secara manual yang mampu didapatkan di www.apkmirror.com. Pada situs tersebut sudah tersedia bermacam-macam versi Play Store, mulai dari versi modern hingga model lama. Kalian tinggal mengunduhnya, kemudian instal APK yang didapatkan.


5. Menginstal Google Installer


Cara Mengatasi Play Store Yang Hilang di XiaomiCara mengembalikan Play Store yang hilang di hp Xiaomi selanjutnya yaitu dengan menginstal aplikasi Google Installer. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menginstal Google Mobile Service yang didalamnya tergolong Play Store dan beragam layanan Google yang lain.


Bagi yang menggunakan ponsel pintar Xiaomi dengan MIUI 10 ke atas, maka kami sarankan untuk Download Google Installer V3.0. Sebab hanya model tersebut yang support dengan MIUI modern. Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menginstalnya?



  1. Download Google Installer apalagi dahulu dengan cara “KLIK DI SINI“.

  2. Setelah sukses mendownload Google Installer, kemudian masuk ke menu Setting, kemudian pilih Additional Settings. Setelah itu pilih Security dan aktifkan Unknown sources. Tujuannya yakni supaya bisa menginstal aplikasi selain dari Google Play Store.

  3. Langkah selanjutnya tinggal menginstal aplikasi Google Installer yang sebelumnya telah didownload dan tersimpan di File Manager.

  4. Setelah itu tinggal membuka aplikasi Google Installer yang sudah sukses terinstal.

  5. Kemudian kita tinggal klik icon warna biru yang bertuliskan Instal. Setelah itu aplikasi Google Installer akan menginstal Google Mobile Service, tergolong Play Store.


Setelah Play Store sukses di instal, maka kita bisa kembali menggunakannya untuk mendownload semua aplikasi yang ada di Play Store. Namun apabila datang-datang download tertunda, silahkan simak cara mengatasinya berikut ini “Cara Mengatasi Play Store Tertunda“.












Baca Juga Informasi Artikel Lainnya
Cara Menghidupkan Hp XiaomiCara Mengatasi HP Xiaomi Lemot

Nah demikianlah bermacam-macam cara mengembalikan Play Store yang hilang di hp Xiaomi. Silahkan kalian mengikuti bimbingan di atas dan agar mengembalikan aplikasi Play Store yang hilang. Sekian isu xiaomidev.com kali ini, agar bermanfaat dan mampu menjadi rujukan bagi pengguna hp Xiaomi di seluruh Indonesia.



Advertisement